news

  • Home
  • Pemenang Lingling Wiyadharma Fellowship 2022

Pemenang Lingling Wiyadharma Fellowship 2022

Di awal tahun ini diumumkan fellowship baru pada Scaliger Institute Perpustakaan Universitas Leiden (UBL): Lingling Wiyadharma Fellowship. Program fellowship ini merupakan bagian dari Dana Lingling Wiyadharma.

Hans van der Valk, alumni Universitas Leiden, mendirikan Dana Lingling Wiyadharma untuk mengenang mendiang istrinya Lingling Wiyadharma. Pertama kali bertemu dengan istrinya di awal tahun tujuh puluhan ketika dia bekerja sebagai diplomat pada Kedutaan Besar Belanda di Jakarta.

Tujuan Dana Lingling Wiyadharma untuk studi-studi Indonesia adalah mendorong pemanfaatan pelbagai koleksi tentang Indonesia di UBL

Setiap tahun program fellowship ini menawarkan kesempatan dan dukungan dana terutama kepada para peneliti muda untuk melakukan penelitian selama maksimal tiga bulan di bagian koleksi-koleksi UBL tentang Asia Tenggara dan khususnya tentang Indonesia.

Undangan pengajuan proposal mendapat banyak tanggapan. Komite penilai terdiri dari Diana Suhardiman (Guru Besar Pengelolaan Sumber Daya Alam, Iklim, dan Ekuitas, Universitas Leiden dan Direktur KITLV), Nico Kaptein (Guru Besar Islam di Asia Tenggara, Universitas Leiden), dan Marije Plomp sebagai penasihat (Subject Librarian Asia Tenggara, UBL),

Para pemenangnya adalah:

Kandidat doktor Chin Nyuk Tin dari Nanyang Technological University, School of Humanities, Singapore.

Penelitiannya berjudul: Agent of Change and Exchange: Sino-Malay Translation for the Making of the Peranakan Chinese in Netherlands Indies (1881-1951).

 

Arman Az, peneliti independen dan penulis.

Dia akan mengerjakan katalog manuskrip dari provinsi Lampung. Naskah-naskah Lampung dikumpulkan dan diserahkan ke perpustakaan Leiden oleh Herman Neubronner van der Tuuk (1868-1869).

 

Kandidat Master Filologi Evi Fuji Fauziyah dari Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Padjadjaran, Bandung.

Dia akan meneliti: Tiga J├▒ana: The Codicological Studies of an Old Sundanese Codex Unicus at the Leiden University Library.

Angkatan pertama penerima Lingling Wiyadharma Fellowship diharapkan tiba di Leiden pada bulan Oktober tahun ini.

Leave a Comment